Format Hardisk External agar bisa digunakan di Windows dan di Mac OS

Mengapa hardisk external saya tidak bisa menyimpan atau menghapus file ketika dipakai di laptop Mac OS? Bisa jadi penyebabnya adalah karena format hardisk external anda masih menggunakan format NTFS yang merupakan defaultnya Windows.

Untuk itu saya akan menjelaskan bagaimana cara memformat hardisk yang cocok untuk komputer berbasis Windows saja, atau yang cocok untuk komputer yang berbasis Mac OS, atau yang cocok untuk keduanya.

Pada percobaan kali ini saya akan menggunakan 2 unit laptop dimana yang satu adalah laptop dengan operating system Windows 10 dan yang satu lagi adalah laptop Mac OS Big Sur serta 1 buah Hardisk External merk Seagate 1 TB yang saya pecah menjadi 3 partisi dengan kapasitas yang berbeda.

Format NTFS merupakan default Windows yang hanya bisa digunakan pada komputer yang berbasis Windows saja.

Format exFAT adalah jenis format yang bisa digunakan di komputer Windows maupun di komputer Mac OS. Informasi yang saya dapatkan ada kelemahan pada format ini yaitu file yang masih terbuka pada sebuah program akan menjadi rusak apabila kita tidak menutupnya dengan benar atau melepas hardisk tanpa prosedur yang benar atau misalnya tiba tiba mati lampu. Untuk itu agar berhati-hati ketika kita bekerja pada hardisk dengan format exFAT.

Format Mac OS yang kita gunakan adalah OS X Extended yang hanya bisa digunakan pada komputer yang berbasis Mac OS saja.

Dibawah ini gambar Hardisk External yang terpasang di komputer Windows yang akan dilakukan format ulang agar dapat digunakan di komputer Windows dan di komputer Mac OS.

Tampilan Hardisk External

Partisi 1 (48.8 GB) akan saya format menggunakan NTFS (di format melalui komputer Windows) agar dapat digunakan di komputer berbasis Windows.

Baca juga:  Screenshot dan Screen Recording tampilan layar monitor di Windows dan Mac OS

Partisi 2 (292 GB) akan saya format menggunakan Mac OS X (di format melalui komputer Mac OS) agar dapat digunakan pada komputer Mac OS.

Partisi 3 (589 GB) akan saya format menggunakan exFAT (bisa di format melalui komputer Windows maupun Mac OS) aga dapat digunakan pada komputer dengan sistem operasi Windows maupun Mac OS.

Anda bisa menyesuaikannya sesuai kebutuhan pemakaian hardisk external anda.

PERHATIAN !!!
Sebelum memformat hardisk pastikan bahwa pada hardisk tersebut tidak ada data/file penting karena dengan memformat hardisk maka akan menghapus semua data/file yang ada didalam hardisk tersebut dan tidak dapat dipulihkan. 

 

Cara memformat Hardisk NTFS

Klik kanan pada hardisk yang akan di format lalu setelah muncul menu lalu pilih format (seperti tampak pada gambar dibawah ini)

Format Hardisk

setelah klik Format maka akan muncul menu seperti dibawah ini:

Format NTFS

Pada File system pilih NTFS.
Pada Allocation unit size pilih Default allocation size jika ingin memformat secara penuh seluruh hardisk tersebut.
Pada Volume label beri nama hardisk yang anda inginkan.
Centang pada Quick Format jika menginginkan menggunakan mode format cepat.
Setelah itu klik Start

Setelah itu akan ada pemberitahuan sebagai berikut:

Format Warning

Klik OK lalu tunggu hingga proses format hardisk selesai.

 

Cara memformat Hardisk exFAT

Klik kanan pada hardisk yang akan di format lalu setelah muncul menu lalu pilih format seperti pada format hardisk NTFS, setelah klik Format maka akan muncul menu seperti dibawah ini:

Format exFAT

Pada File system pilih exFAT.
Pada Allocation unit size pilih Default allocation size jika ingin memformat secara penuh seluruh hardisk tersebut.
Pada Volume label beri nama hardisk yang anda inginkan.
Centang pada Quick Format jika menginginkan menggunakan mode format cepat.
Setelah itu klik Start.
Klik OK lalu tunggu hingga proses format hardisk selesai.

Baca juga:  Cara install software berbasis Windows di Mac OS X

 

Cara memformat Hardisk untuk Mac OS

Untuk memformat Hardisk External agar dapat digunakan di Mac OS maka proses formatnya harus dilakukan melalui komputer Mac OS sebagai berikut:

Tinggalkan Balasan