Cara install software berbasis Windows di Mac OS X

Kita sering menginstall berbagai macam software aplikasi pada komputer dalam membantu pekerjaan kita atau pemutar musik dan video maupun untuk bermain game.

Namun software aplikasi yang biasa kita install pada komputer berbasis windows belum tentu bisa diinstall pada komputer dengan sistem operasi Mac OS X, para developer software ada yang sudah mengembangkan untuk kedua sistem operasi tersebut namun ada yang baru mengembangkan untuk pemakaian di Windows saja.

Lalu bagaimana caranya agar aplikasi berbasis Windows tersebut dapat di install dan dijalankan di Mac OS X?

Salah satu cara agar aplikasi Windows dapat berjalan di sistem operasi Mac OS X adalah dengan menginstall emulator Wineskin Winery.

 

Langkah pertama,

Cara install Wineskin Winery di Mac OS X

Klik dan Install emulator Wineskin Winery di github dari Gcenx, lalu scroll kebawah dan silakan pelajari dan sesuaikan dengan versi Mac OS Catalina yang anda pakai. Pada contoh ini penulis melakukan instalasi pada Mac OS Catalina versi 10.15.7 dan Mac OS Big Sur 11.0.1, keduanya berjalan dengan baik.

Gulung halaman kebawah, pelajari dan sesuaikan dengan versi Mac OS X anda, lihat gambar dibawah ini dan perhatikan pada tanda warna merah untuk memilih engine yang akan dipakai nantinya.

Setting Engine Wineskin

 

Selanjutnya gulung kembali halaman keatas, klik pada Tags

github wineskin tags

 

lalu pilih versi yang terbaru

Versi Wineskin

Scroll halaman kebawah lalu download file Wineskin.Winary.txz

github winskin download

 

Setelah didownload lalu diextract setelah itu jalankan aplikasinya sehingga akan terlihat seperti ini:

wineskin winery

 

Selanjutnya pilih Engine sesuai yang telah kita baca di halaman awal tadi yang sesuai dengan versi macOS anda, misalnya karena penulis menggunakan macOS Catalina versi 10.15.7 maka Engine yang dipilih adalah WS11WineCX64Bit19.0.1-1 lalu download dan install.

Baca juga:  Cara Install Winbox Mikrotik di Mac OS Catalina

Pilih Engine Wineskin

 

Jika berhasil maka tampilannya akan seperti ini:

Wineskin Update

Dibagian bawah biasanya ada tulisan Wrapper Version tertulis No Wrapper Installed, klik Update dan Wineskin akan mendownload file, tunggu hingga proses selesai.

Instalasi Wineskin Winery di macOS Catalina telah selesai, selanjutnya bagaimana cara menggunakannya? Selanjutnya kita masuk ke langkah kedua yaitu cara menginstall software atau program berbasis Windows di sistem operasi macOS menggunakan Wineskin Winery ini.

 

Langkah kedua,

Siapkan software aplikasi Windows yang akan di install di macOS, pada contoh ini penulis mencoba install software Winbox berbasis Windows di macOS Catalina yang sering digunakan oleh para pengelola jaringan internet dalam mengontrol dan melakukan konfigurasi pada perangkat Mikrotik.

Jangan lupa untuk membuat folder baru misalnya kita beri nama Winbox64 lalu masukan file winbox64.exe hasil download tersebut kedalam folder.

Winbox64

Cara Install Winbox di Wineskin Winery

Buka aplikasi Wineskin Winery lalu klik Create New Blank Wrapper

 

lalu beri nama misalnya Winbox64 lalu klik OK

 

Jika ada peringatan untuk menginstall Wine Gecko Installer maka klik Install

 

Setelah instalasi Wine Gecko Installer telah selesai maka klik View wrapper in folder untuk melihat Winbox64 yang telah anda buat.

 

Klik pada Winbox64 ketika muncul menu popup pilih Install Software

 

Setelah itu akan muncul 3 pilihan yaitu Choose Setup Executable, Copy a Folder Inside dan Move a Folder Inside seperti pada gambar dibawah ini:

Karena file winbox.exe adalah jenis software yang bisa langsung dijalankan (bukan software installer) maka pilih Copy a Folder Inside atau Move a Folder Inside untuk memindahkan file winbox64.exe ke directory Wineskin.

Lalu pilih folder Winbox64 yang telah disiapkan sebelumnya, pilih choose

Baca juga:  Konfigurasi Dasar Mikrotik

 

 

Pastikan file yang akan di install adalah winbox64.exe lalu klik OK

Sampai disini maka Winbox sudah berhasil di install.

Untuk mengganti logo Winbox agar sesuai dengan logo aslinya silakan klik menu Advance pada tab Configuration.

Pada tab Options silakan nonaktifkan Map Option as Alt dan Map Command as Ctrl.

Silakan klik aplikasi Winbox yang sudah diinstall tadi dan jika instalasi berhasil maka akan muncul seperti pada gambar dibawah ini:

 

Cara Install The Dude di Wineskin Winery

Pada contoh yang kedua ini penulis mencoba install software The Dude berbasis Windows di macOS Catalina, caranya sama saja, bedanya file Winbox adalah jenis file yang bisa langsung di eksekusi sedangkan The Dude adalah jenis file installer dimana harus melalui proses instalasi, kita akan melihat perbedaan cara installnya disini.

Jangan lupa untuk membuat folder baru misalnya kita beri nama FolDude lalu masukan file hasil download tersebut kedalam folder.

Folder Dude

Buka aplikasi Wineskin Winery lalu klik Create New Blank Wrapper

lalu beri nama misalnya TheDude lalu klik OK

The Dude

Jika ada peringatan untuk menginstall Wine Gecko Installer maka klik Install, namun karena sudah diinstall sebelumnya maka peringatan ini tidak muncul lagi.

Setelah itu klik View wrapper in folder untuk melihat TheDude yang telah anda buat.

Klik pada TheDude ketika muncul menu popup pilih Install Software

Setelah itu akan muncul 3 pilihan yaitu:

Karena file TheDude adalah jenis software installer maka pilih Choose Setup Executable untuk melakukan instalasi ke directory Wineskin.

Lalu pilih folder FolDude yang telah disiapkan sebelumnya, pilih Choose.

Pastikan file yang akan di install sudah benar lalu klik Choose hingga proses instalasi selesai.

Baca juga:  Format Hardisk External agar bisa digunakan di Windows dan di Mac OS

Ssetelah itu akan ada menu Setup seperti halnya ketika kita menginstall software di sistem operasi Windows, Klik I Agree selanjutnya tinggal ikut saja:

Instalasi The Dude telah selesai.

Pilih file dude.exe lalu klik OK.

Untuk mengganti logo TheDude agar sesuai dengan logo aslinya silakan klik menu Advance pada tab Configuration.

Pada tab Options silakan nonaktifkan Map Option as Alt dan Map Command as Ctrl.

Silakan klik aplikasi The Dude yang sudah diinstall tadi,  jika instalasi berhasil maka akan muncul seperti pada gambar dibawah ini:

Jika kurang jelas silakan tonton video dibawah ini, jika ada pertanyaan silakan kirim pesan di kolom komentar. Selamat mencoba dan terimakasih atas kunjungannya.

Tinggalkan Balasan